PARIGI MOUTONG – Agenda Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) 2017 akan dihelat 1 April 2017. Sejumlah persiapan terus dimatangkan Panitia. Event FPTT 2017 akan diawali dengan lomba lari Equator 10 Km di Tugu Khatulistiwa. Hari ini (31/3) dijadwalkan, Panitia Equator 10 Km akan menggelar gladi bersih di lokasi kegiatan Tugu Khatulistiwa.

Ketua Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (Pasi) Kabupaten Parigi Moutong, Mawardin Tjambaru mengatakan, hingga saat ini peserta yang akan ikut dalam kegiatan bertaraf internasional itu sudah lebih 1.000 orang. Pelari manca negara yang ikut berjumlah 20 orang, terdiri dari putri 6 orang dan putra 14 orang yang berasal dari negara Somalia, Kenya dan Kamboja. Ada juga pelari Nasional berjumlah 97 orang, yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan. “Kalau pelari Nasional itu diantaranya ada Laode Amelia, M Ridwan dan Muhamad Januar Tualeka,”sebut Mawardin saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (31/3). Sementara, khusus pelari dari kalangan pelajar di Sulawesi Tengah peserta yang ikut mendaftar sudah mencapai 1.370 peserta “Mohon doa dari masyarakat ya agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,”harapnya.

Kemeriahan FPTT 2017 juga makin lengkap dengan perhelatan lomba perahu layar tradisional. Kabarnya kegiatan ini akan diikuti oleh 46 perahu, dari Kecamatan 24 perahu dan perwakilan Asisten dan SKPD sebanyak 22 perahu. Lomba yang akan menempuh jarak sejauh 350 Km dalam beberapa etape ini akan dilepas secara resmi Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu dari Kecamatan Moutong pada tanggal 3 April dan dijadwalkan akan finish di eks Lokasi Sail Tomini Kayu Bura tanggal 09 April 2017 bertepatan dengan puncak acara FPTT 2017.

Selanjutnya pada tanggal 04 April, panitia akan menghelat festival musik pop dangdut. Kegiatan ini akan diikuti 22 SKPD dan perwakilan organisasi di eks Lokasi Sail Tomin Kayu Bura. “Nanti tanggal 6 - 7 April akan ada festival musik band yang akan diikuti 30 band dari Kabupaten Kota di Sulawesi Tengah,”ujar Sekretaris Panitia FPTT, Hamka Lagala.

Pada event FPTT 2017 juga akan dilaksanakan Jalan Santai Massal dan Talk Show, dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). Informasi yang berhasil dihimpun Panitia juga akan menggelar dzikir akbar di Masjid Ash-Shobirin Kayu Bura. Tanggal 08 April Pembukaan Festival Kuliner, pameran kerajinan rakyat dan lomba lukis.

Tanggal 09 April 2017, Acara Puncak FPTT 2017 sekaligus pagelaran Tomini Fashion Carnival yang akan diramaikan peserta grand show dari kota Malang dan dari Manca Negara, “Peserta fashion carnival ini berasal dari 13 Kecamatan dan 9 SKPD,”ujar Kepala bidang Ekonomi Kreatif Dinas Porabudpar Kabupaten Parigi Moutong, Sofiana Lagala.

Usai acara puncak akan dilanjutkan dengan peresmian sejumlah Infrastruktur dan launching Program Smart Library Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Parigi Moutong. Malam harinya akan digalar malam Talent Show dan Grand final Putra Putri Bahari Teluk Tomini 2017. “Nanti akan ada acara Pemutaran Film dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. yang akan hadiri para Artis dari tingkat pusat serta masih banyak lagi acara yang sayang untuk dilewatkan,”ujar Jumardin, salah seorang panitia FPTT. **

Editor : Jeprin

 


0
0
0
s2smodern