PARIGI MOUTONG - Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu menghadiri Pertemuan investasi berbasis lingkungan atau "Green Investment Meeting" (GIM) di Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo, Jumat (14/4).


Pertemuan yang dihadiri kepala daerah dari 17 Kabupaten se-kawasan Teluk Tomini dan tiga Provinsi yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo itu membicarakan penguatan Strategis investasi berbasis lingkungan hidup atau Green Investment Meeting (GIM), serta mendorong Teluk Tomini menjadi kawasan strategis nasional. Pada kesempatan itu, mewakili kepala daerah di kawasan Teluk Tomini, Bupati Samsurizal didaulat membacakan deklarasi kerjasama antar Pemerintah Daerah.

Ada enam poin dalam deklarasi tersebut, yakni mendorong pelaksanaan kerja sama investasi dalam kawasan Teluk Tomini dalam bentuk forum kerja sama Teluk Tomini, Penguatan investasi hijau (Green Investment) di kawasan Teluk Tomini, Pengembangan investasi pada berbagai sektor unggulan daerah yang meliputi perikanan, pertanian, transportasi, ekowisata bahari dan pengembangan pelabuhan secara terkoneksi dan terpadu antar wilayah di kawasan teluk tomini dan untuk mendorong penetapan kawasan teluk tomini sebagai kawasan strategis nasional bidang green investment.

Kepala Badan perencanaan pembangunan dan penelitian pengembangan daerah (Bappelitbanda) Kabupaten Parigi Moutong, H. Ardi Kadir SPd MM yang ikut mendampingi Bupati Samsurizal pada pertemuan itu mengatakan, selain membacakan deklarasi kerja sama antar daerah, Bupati Samsurizal juga ikut menanam pohon sebagai bentuk kerjasama antara daerah di kawasan Teluk Tomini. “Bupati Parigi Moutong sangat mendukung kegiatan kerja sama antar dearah tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan investasi di bidang pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata,”kata Ardi melalui ponselnya, Jumat (14/4) malam.

 

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh kepala daerah yang lain untuk ikut mengembangkan hasil dari perhelatan Sail Tomini yang sukses di gelar Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong tahun 2015 silam. Kata Ardi, Bupati menyambut positif pertemuan itu, sebab menurutnya daerah kawasan Indonesia Timur sangat ketinggalan,dibandingkan indonesia di kawasan barat. “Banyak gagasan yang telah dilahirkan sejak dulu, namun aksinya belum ada,”kata Ardi mengutip yang disampaikan Bupati Samsurizal pada pertemuan itu.

Bupati Samsurizal berharap pertemuan itu dapat melahirkan aksi bagi daerah di kawasan Teluk Tomini. “Sudah saatnya daerah daerah di kawasan teluk tomini bergerak maju, kita jangan sampai ketinggalan dengan daerah lainnya di Indonesia bagian barat,”tandasnya.

 

Khusus Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan daerah yang hadir pada kegiatan itu terdiri dari Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Banggai, Tojo Una-Una, Poso dan Parigi Moutong, Sementara, di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara, daerah yang hadir diantaranya, Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Gorontalo, Kota Gorontalo dan Bone Bolango, abupaten Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Tenggara, Minahasa, Minahasa Utara dan Bitung. *

Editor : Jeprin

 


0
0
0
s2smodern