Sidebar Menu

PARIGI MOUTONG - Kegiatan Adat Tradisi Masoro digelar di Kecamatan Palasa. Antusias masyarakat Kecamatan Palasa begitu tinggi menyaksikan rangkaian lomba yang dilkasanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Parigi Moutong itu, Minggu (1/4/18).

Masyarakat membludak ketika menyaksikan lomba merakit bambu dan lomba sumpit terfokus dan terjauh. Menariknya lagi, kegiatan lomba sumpit di ikuti oleh berbagai kategori, mulai dari kategori anak anak, kategori remaja hingga kategori orang dewasa. 

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Parigi Moutong Hamka Lagala SH MH ketika dikonfirmasi mengatakan, Kegiatan lomba merakit bambu dan lomba sumpit merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 16 Kabupaten Parigi Moutong dan menyongsong gelar Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) yang digelar bersamaan di bulan April 2018.

"Lomba merakit bambu yang pesertanya dari seluruh OPD dan lomba sumpit merupakan rangkaian menyambut HUT dan FPTT,"ungkap Hamka.

Lomba Sumpit diikuti oleh masyarakat Lauje, menariknya lagi, mahir dalam melakukan tembak menembak sumpit bambu terjauh dan terfokus dilakukan oleh suku terasing (bela) yang memperagakan dengan handal dan selalu kena sasaran.

Sementara itu, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Parigi Moutong yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten H Ardi Kadir SPd MM dalam sambutannya mengatakan, Adat tradisi Masoro harus dipertahankan, karena adat leluhur merupakan adat yang mencerminkan kebudayaan Daerah masing masing.

"Mari kita pertahankan Adat Tradisi Masoro ini, saya juga melihat lomba rakit bambun (Arum Jeram) dan lomba sumpit seperti ini perlu digelar kembali setiap tahun, agar tradisi ini dapat berkembang dan bisa menjadi Ikon Daerah untuk dilihat oleh masyarakat luas,"ujar Ardi.

Kegiatan Adat Tradisi Masoro dihadiri oleh para pemangku kepentingan seperti tokoh Hadat, para Camat, Para Kepala OPD, unsur forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan Kecamatan Palasa dan seluruh masyarakat Kecamatan Palasa.

Naskah : (Rislan / Diskominfo Kab. Parigi Moutong)

 

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG