Sidebar Menu

PARIGI MOUTONG – Kegiatan Pameran Produk Unggulan INDONESIA ARCHIPELAGO EXHIBITION (IAE) adalah Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Desa Republik Indonesia yang dilaksanakan di Negara Kuala Lumpur Malaysia dari tanggal 1 April sampai tanggal 6 April 2018.

Kabupaten Parigi Moutong ikut dalam ajang Eksibisi tersebut dan menampilkan sekaligus menjual Produk Teh Kelor dan Produk olahan Kelor lainnya. Teh Kelor Kabupaten Parigi Moutong semakin terkenal dan mendunia. Pada pegelaran IAE Teh Kelor berhasil mendapatkan simpati yang luar biasa dari masyarakat Jiran (Malaysia).

Produk Teh Kelor terjual laris manis, bahkan masih banyak permintaan yang tidak dapat terpenuhi. Hal itu disampaikan dr Agus Suryono Hadi melalui Grup WhatsApp (WA) Parigata. Agus mengatakan, Keberhasilan Teh Kelor Parigi Moutong tidak lepas dari dukungan semua pihak. "Produk kami habis terjual dan  masih banyak permintaan yang tidak terpenuhi sehingga akan kami kirim setibanya di Indonesia,"ungkap Agus.

Agus menambahkan, Teh Kelor di Negeri Jiran adalah produk yang sangat di cari, dan masyarakat disana sangat paham tentang manfaat Kelor, bahkan Pengusaha  Food Beverage And Craf menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong untuk mensuplay Teh Kelor ke Negara Malaysia. Teh Kelor menjadi sesuatu yang penting pada setiap Event Nasional dan Internasional. 

"Kita sudah menjalin kerjasama dengan Food Beverage And Craf, karena Produk Teh Kelor Parigi Moutong sangat di cari oleh Negara khususnya di Negeri Jiran Malaysia,"tuturnya.

Inovasi yang di ciptakan Parigi Moutong telah menarik perhatian Dunia khususnya di Negara Negara yang pernah diikuti Exhibition seperti Negara Spanyol, Rusia, Tiongkok dan Malaysia. Ini adalah bukti nyata bahwa Parigi Moutong telah memberikan sumbangsihnya kepada Negara Republik Indonesia. 

"Membangun dari pinggiran melalui Produk tanaman lokal dan mengembangkan ekonomi kerakyatan, kami juga telah menjalin komunikasi secara intens dengan eksportir yang siap membeli jagung, bonggol jagung dan sekam milik Petani kita, eksportir tersebut akan kami perkenalkan kepada bapak Bupati, Pak Sekda dan Dinas terkait,"Ujar Agus yang saat ini menjabat Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Naskah dan Foto : (dr. Agus / Setda Kab. Parigi Moutong)

Editor Naskah : (Rislan / Diskominfo Kab. Parigi Moutong)

Dipublis Kominfo : 9/4/2018

 

 

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG