Sidebar Menu

PARIGI MOUTONG - Sejumlah persiapan terus dilakukan jelang pelaksanaan pekan budaya dan pariwisata tingkat Provinsi Sulawesi Tengah menyambut Sail Tomini 2015 September mendatang. Dinas PU Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) selaku instansi yang bertanggungjawab terhadap penyiapan lokasi pekan budaya telah menyatakan kesiapannya. 
Sekretaris Dinas PU Kabupaten Parimo, H Haris mengatakan, untuk kebutuhan peserta pekan budaya Sail Tomini, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 30 kamar mandi dan wc jenis portable atau bongkar pasang di dusun Kayu Bura Kecamatan Parigi Tengah. Saat ini kamar mandi tersebut sedang dirakit di show room Dinas PU dan mulai dipasang paling lambat akhir Agustus mendatang. "39 kamar mandi ini sementara dirakit di show room kami, insha Allah akhir agustus sudah bisa dipasang,"kata Haris ketika memaparkan kesiapan lokasi pekan budaya dan sarana air bersih pada rapat koordinasi pekan budaya di auditorium kantor Bupati, Selasa (25/8)
Khusus untuk air bersih, saat ini kata Haris masih terus berlangsung. Pihaknya belum bisa memastikan kapan pekerjaan penyambungan pipa itu bisa selesai. Terkait hal itu, Wakil Bupati Parimo, H Badrun Nggai yang memimpin rapat tersebut meminta dinas PU memantau pekerjaan penyambungan pipa tersebut. "Masalah air ini paling vital, jadi PU harus kontrol sudah sampai dimana penyambungan pipa air itu.Waktu kita tidak banyak lagi,"kata Badrun. 
Wabup meminta seluruh panitia yang terlibat dalam pekan budaya tersebut terkait agar melaksanakan tugasnya sesuai bidangnya masing masing. Ada beberapa item yang perlu disiapkan terutama kesiapan penyambutan adat Gubernur Sulawesi Tengah,  akomodasi dan transportasi untuk semua para tamu kontingen Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tengah dan juga beberapa sarana pendukung lainnya termasuk listrik, keamanan dari pihak Kepolisian, TNI dan Tim medis.
Wabup meminta seluruh panitia melaporkan apa kendala di lapangan untuk diketahui dan secepatnya dicarikan solusi demi suksesnya pelaksanaan kegiatan pekan budaya pariwisata di Kabupaten Parimo. "Saya minta yang perlu diperjelas juga adalah akomodasi bagi para kontingen dari Kabupaten kota di Sulawesi Tengah,"tekannya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi, Norma Mardjanu SH MSi MH mengatakan, ada beberapa rangkaian awal kegiatan yang dilakukan pada acara pekan budaya ialah diawali dengan Upacara Adat di lokasi Sail Tomini pada tanggal 7 September. Acara adat ini akan dilaksanakan lembaga adat Kabupaten Parim. Selanjutnya, pada tanggal 12 september dilaksanakan Carnaval atau Pawai Budaya Pariwisata se provinsi sulteng dan juga kegiatan tambahan lainnya yang sudah dijadwalkan. Sesuai jadwal, pembukaan pekan budaya dilaksanakan pada tanggal 13 september hingga 16 September mendatang. (hms/001)

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG