Sidebar Menu

Capture

PARIGI MOUTONG - Guna mendorong peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, 4 (empat) program yang menjadi prioritas.

Kepala Seksi Pembinaan Nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong, Yuliana Ngkuno, di temui di ruang kerjanya, kamis (21/3/19), menjelaskan ke 4 (empat) program tersebut adalah, Pertama Pengembangan Sarana dan Prasarana Perikanan tangkap. Kedua Pengembangan usaha penangkapan ikan dan pengembangan nelayan kecil, perluasan area. Ketiga Pengembangan teknologi budidaya semi intensif sampai intensif, dan Keempat pengembangan pengolahan hasil perikanan.

''Pada program pengembangan perikanan tangkap, ada beberapa kegiatan, seperti pengembangan Tempat Penjualan Ikan  (TPI) dan tambatan perahu, serta beberapa kegiatan lain,'' ungkapnya.

Lanjut Yuliana, untuk sektor lainnya seperti sarana dan prasarana untuk nelayan skala kecil, diantaranya pengadaan perahu, alat tangkap, pancing, gillnet, mesin, kapal atau perahu di bawah 3 GT.

Dikatakannya, Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan program prioritas ini, sejak dari tahun 2011 sampai dengan sekarang, ditambah pada tahun 2016 telah ada program asuransi nelayan yang merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, dimana di fasilitasi oleh pihak asuransi terkait.

Untuk angka unggulan Kabupaten Parigi Moutong di sektor perikanan, antara lain budidaya rumput laut 14.440 ton per tahun, pengembangam karamba apung 2.052 ton per tahun serta produksi perikanan laut di Kabupaten Parigi Moutong yang tercatat selama tahun 2017 sebesar 69.943,30 ton.

Naskah : (Ardiansyah Dinas Kominfo Kab. Parigi Moutong)

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG