PARIGI MOUTONG – Swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah melalui program upaya khusus (Upsus) tiga komoditas utama, padi jagung kedelai (Pajala), mulai menunjukan keberhasilan. Di persawahan Kecamatan Moutong Kabupaten Parimo Sulawesi Tengah, program kerjasama Kementerian Pertanian RI dengan TNI tersebut telah menjadi percontohan bagi para petani. Ada 2 hektar sawah yang sebelumnya menjadi lahan tidur berhasil dikelola anggota TNI menjadi lahan produktif dengan hasil panen 7,8 ton gabah atau sekitar 6 ton beras. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (KUPTD) Pertanian Kecamatan Moutong, Yardin menyebutkan, dari sekitar 328 hektar sawah yang berada di wilayah itu, 163 hektar sudah berhasil ditanami padi oleh petani. Dari luasan hektar sawah tersebut, 2 hektar menjadi demplot atau lahan percontohan bagi petani.

Subhanallah, batu bermotif Ka'bah ditemukan di Desa Marantale, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Kini batu itu tengah dipromosikan Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu ke Negara-Negara Arab. Meski belum dapat ditaksir berapa harga batu tersebut, namun Bupati menyatakan, jika batu itu laku, ia akan memberikan hasilnya separuh untuk pemiliknya dan separuh lagi untuk pembangunan Masjid "Saya hanya membantu mempromosikan,"kata Samsurizal saat memperlihatkan batu tersebut, di kediamannya, Minggu (28/6). (hms1/Jeprin)

PARIGI MOUTONG – Progres pembangunan pelataran Sail Tomini 2015 di dusun Kayubura desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah hingga saat ini baru mencapai sekitar 30 persen. Meski demikian, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tengah optimis, proses pembangunan pelataran Sail tersebut akan rampung akhir Agustus mendatang. “Dari Kementerian PU melalui Dinas PU Provinsi janji akhir agustus lokasi ini selesai sesuai master plan yang ada, jadi kita percaya kepada mereka karena PU memang bekerja seperti itu, sudah biasa. Bahkan selama puasa nanti, para pekerja yang diturunkan adalah non muslim, jadi itu bisa menjadikan percepatan,”kata Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dr Ir Dedy H Sutisna MS ketika meninjau lokasi tersebut, Sabtu (13/6).

PARIGI MOUTONG -  Mulai tahun ini, Pemerintah akan segera mengucurkan Alokasi Dana Desa (ADD) ke seluruh desa di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Parigi Moutong (parimo). Hal itu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Setiap desa akan memperoleh ADD dengan jumlah yang bervariasi mulai Rp500 juta hingga Rp1 miliar. Untuk mencegah agar dana tersebut tidak disalahgunakan, Pemerintah Kabupaten Parimo akan menggandeng Kejaksaan Parigi dan Polres Parimo memberikan penyuluhan hukum kepada seluruh aparat desa di Kabupaten Parimo. "Ini penting, agar aparat desa mengetahui apa dampak hukumnya kalau uang ADD itu disalahgunakan,"kata Bupati Parimo H Samsurizal Tombolotutu ketika menghadiri Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) ke-12 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 dirangkaikan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat Kabupaten Parimo di lokasi Sail Tomini, dusun Kayubura desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah, Rabu (10/6).

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Manajerial JPT Pratama Kepala BPBD