Sidebar Menu

indonesiana
PARIGI MOUTONG - Kegiatan INDONESIANA hari ini, Sabtu (11/8/18) digelar Kegiatan Kebudayaan Indonesiana bertempat di Ruang Taman Hijau (RTH) Masigi.
 
Gelar Budaya Indonesiana merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergilir oleh daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Kabupaten Parigi Moutong merupakan tuan rumah Gelar Budaya Indonesiana pertama, dan pelaksanaanya sukses.
 
Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Parigi Moutong selaku tuan rumah Insonesiana Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh masyarakat Parigi Moutong.
 
Ia menambahkan bahwa kegiatan Indonesiana merupakan ajang menumbuhkembangkan budaya di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Sementara itu Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan khususnya tamu dari Provinsi Lampung dan dari negara Spanyol serta seluruh tamu dari Provinsi Sulteng.
 
Bupati juga berharap kepada masyarakat Parimo gar menjamu tamu tamu istimewa tersebut dengan baik.
 
"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik, jamulah tamu tamu kita dengan baik. Karena kedepan pada bulan september 2018, kita akan menghadapi kegiatan yang lebih besar lagi yaitu kemah budaya,"ungkapnya.
 
Sementara itu Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI yang diwakili Direktur Jenderal Warisan dan Diplomasi Budaya Najamuddin Ramly mengatakan, tema landasan kebudayaan merupakan, persaudaraan, kebudayaan dan kebhinekaan tunggal ika.
 
"Indonesiana merupakan ajang menggali kebudayaan dan menumbuhkembangkan citra budaya di Indonesia melalui gaung kebersamaan  (Vuladongga) "The Sintuvu Of Central Sulawesi",ungkapnya.
 
Ia juga menambahkan, Kabupaten Parigi Moutong merupakan Kabupaten mempunyai budaya yang sangat tinggi dengan beragam adat istiadat.
 
"Saya asli ampibabo Parigi Moutong, budayanya disini sangat luar biasa, banyak makan khas yang baik untuk kita cicipi seperti sagu atau labol dange, kaledo, uta dada, lalampa toboli dan lain lain,"ucapnya.
 
Kegiatan Gelar Budaya Indonesiana dibuka oleh gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah  Hidayat Lamakarate ditandai dengan pemekulan beduk oleh sekretaris daerah bersama Dirjen Diplomasi budaya, Bupati Parigi Moutong, Wakil Bupati Parigi Moutong dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi tengah.
 
Kegiatan Gelar Budaya Indonesiana dihibur oleh musisi Orkestra Vinculos asal Negara Spanyol, dan antusias masyarakat sangat luar biasa menyaksikan pegelaran tersebut.
 

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG