Sidebar Menu

harganas
PARIGI MOUTONG - Bertempat di Halaman Kantor Bupati Parigi Moutong hari ini Minggu (12/8/18) digelar Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Hari Anak Nasional (HAN) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Parigi Moutong digelar.
 
Hj Zalzulmida SH Cn dalam laporanya mengatakan, hari ini merupakan pencanagan gerakan masyarakat hidup sehat dan kampanye imunisasi campak rubela bagi anak anak hebat Parigi Moutong.
 
Ia juga melaporkan bahwa hari ini juga adalah penobatan bagi ayah dan bunda gendre Bupati dan ibu Bupati Parigi Moutong serta penobatan ayah gendre bagi Bupati Sigi.
 
"Hari ini adalah pencanagan berbagai kegiatan termasuk Penobatan ayah dan bunda gendre bagi dua Kabupaten "ungkapnya.
 
Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan yang hadir di Kabupaten Parigi Moutong.
 
Wabub mengucapkan terima kasih kepada BKKBN RI dan Pemerintah Provinsi Sulteng yang telah mempercayakan Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Layak Anak.
 
"Alhamdulilah Parigi Moutong telah menjadi Kabupaten Layak Anak, dan sudah kami terima penghargaanya di Palu baru baru ini,"paparnya.
 
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian beberapa penghargaan kepada kepala Daerah dan Ketua TP- PKK se Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya pemberian Plakat penghargaan manggala karya lencana dari BKkBN pusat kepada Gubernur Sulawesi Tengah, selanjutnya penobatan Ayah gendre Kepada Bupati Sigi Irwan Lapata, penyerahan kendaraan operasional roda dua BKKBN kepada Bupati Parigi Moutong, penobatan Ayah dan Bunda Gendre Bupati Parimo dan Bunda Paud Parimo dan pemberian penghargaan lainnya.
 
Kepala BKKBN pusat Dr Sigit Priyohutomo MPH dalam sambutanya sangat mengapresiasi terhadap pencapaian Provinsi Sulteng dapat penghargaan terbanyak dari BKKBN.
 
"Saya berterima kasih kepada bapak Gubernur Sulteng,  bukan bapak Gubernur yang berterima kasih kepada kami, tetapi kami yang berterima kasih kepada gubernur, ini sangat luar biasa, di Indonesia hanya sulawesi tengah yang mampu menurunkan angka KB,"kata Sigit.
 
Ia menambahkan,  kesemuanya ini adalah berkat kerja keras khususnya PLKB yang ada dilapangan dan juga berkat koordinasi yang baik antara stakeholder dan lintas sektor.
 
Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi dalam dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari keluarga nasional tingkat provinsi Sulteng kali ini, dirangkaikan dengan hari remaja internasional XVII tingkat provinsi Sulteng dengan tema HARGANAS XXV "Hari Keluarga Hari Kita Semua, Den Pesan kunci Cinta Keluarga, Cinta Terencana, Cinta Indonesia". Sedangkan hari remaja Internasional mengusung tema "Youth Building Peace" dan tema Hari Anak Nasional "Anak Indonesia GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul Dan Sehat)
 
Longki juga mengatakan, Peringatan Hari keluarga Nasional XXV merupakan tindak lanjut dari peringatan HARGANAS XXV di Manado Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 7 Juli 2018
 
"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Harganas di Manado. Hal ini dimaksudkan agar program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah pada umumnya dan Kabupaten Kota pada khususnya,"ujar orang nomor satu di Sulawesi Tengah itu.
 
Ia juga menegaskan, bahwa program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, adalah salah satu program nasional yang menjadi agenda prioritas pembagunan Nawacita Pemerintah periode 2015 - 2019 terutama pada agenda pemerintah nomor 3 dan nomor 5 yaitu membangun Indonesia dari pingggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, serta meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Pembangunan kependudukan dan keluarga berencana, pembangunan pendidikan khususnya pelaksanaan program Indonesia Pintar, pembangunan kesehatan khususnya pelaksanaan program indonesia sehat dan peningkatan kesejahteraan rakyat marginal melalui pelaksanaan program Indonesia Kerja, melalui pemberdayaan ekonomi keluarga dan ekonomi kerakyatan.
 
"Gaung Program Kependudukan kelurga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) kita terus semarakan dengan upaya mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dengan mengaktualisasikan 8 fungsi keluarga,"ujarnya.
 
Diakhir sambutannya gubernur Sulteng secara resmi mencanangkan gerakan masyarakat  hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018.
 
Naskah & Foto : (Rislan / Diskominfo Kab. Parigi Moutong)

STAF AHLI BUPATI KAB. PARIGI MOUTONG