PARIGI MOUTONG – Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE, mengajak masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama yang sudah terjalin sejak lama di daerah ini. Menurut Wakil Bupati, Kabupaten Parigi Moutong adalah miniatur Indonesia, hampir seluruh suku, agama dan etnis ada di daerah ini, namun dia bersyukur Kabupaten Parigi Moutong jauh dari konflik sosial. Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat menghadiri HUT Bapak GKST ke-48 di Gereja Jemaat Maranatha Desa Lemusa, Rabu (9/11) malam. Wakil Bupati meminta umat beragama saling bergandengan tangan dan tetap merawat kebinekaan yang sudah terjalin dengan baik saat ini.
"Masyarakat di daerah ini sangat beragam, hampir seluruh agama, suku dan etnis ada di daerah ini dan kita patut bersyukur kedamaian tetap terjaga hingga saat ini,"kata Wakil Bupati
Ia juga meminta jemaat membantu Pemerintah Daerah melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba dan bahaya HIV AIDS yang menurutnya kian hari makin memprihatinkan.
“Kalau sudah narkoba, pasti akan mengarah ke hubungan bebas, yang bisa berpotensi terkena HIV AIDS. Jadi saya harapkan mari kita lakukan pencehagan sejak dini,”ajaknya.
Gubernur Sulawesil Tengah, yang diwakili Ir Bartholomeus Tandigala pada kesempatan itu juga mengajak kepada seluruh jemaat untuk menjaga keutuhan dan kerukunan umat beragama. Hal itu penting, guna menangkal setiap isu yang tidak bertanggungjawab yang bisa saja mengancam keutuhan dan persatuan umat beragama. Gubernur juga meminta kepada hamba-hama Tuhan untuk tetap teguh dalam menjalankan kepercayaan dan ibadahnya, serta saling menghargai kebebasan beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing demi kewujudkan kedamaian, karena sesungguhnya damai adalah dambaan seluruh umat manusia. Gubenur juga berharap, momen perayaan hari ulang tahun Bapak GKST ini dapat mendorong jiwa dan semangat kebersamaan seluruh umat beragama di daerah ini.
“Saya berharap melalui momen perayaan Bapak GKST ini dapat mempertebal kerukunan antar umat,”harapnya.
Perayaan HUT Bapak GKST kali ini diisi dengan sejumlah lomba, diantaranya, lomba kerohaniaan yang terdiri dari cerdas cermat alkitab, baca alkitab dan pesan berantai. Selain itu, ada lomba pidato, vokal grub,olahraga volly ball, tenis meja dan sepak takraw.
Selain Wakil Bupati Parigi Moutong, acara itu juga dihadiri Bupati Poso Kolonel Mar (Purn.) Darmin Agustinus Sigilipu, Ketua DPRD Parigi Moutong, Santo SE, Ketua Pengurus Persekutuan Bapak Klasis Parigi Selatan, Majelis Sinode, serta tamu undangan lainnya. (Naskah : Wawan/Humas)

Editor : Jeprin


0
0
0
s2smodern