447637981 420422014217868 2150488448856516446 n

PARIGI MOUTONG - Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo membuka secara resmi kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional. Bertempat di Taman Budaya Pahlawan Kesenian Nasional Hasan M Bahasyuan Masigi. Senin (3/6/2024)
 
Dalam sambutanya Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten parigi moutong, mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi- tingginya kepada pengurus komisi daerah lanjut usia (komda lansia) kabupaten parigi moutong yang selama ini telah mengkoordinasikan, mengendalikan serta melaksanakan upaya-upaya penanganan lanjut usia sehingga upaya penanganan lanjut usia dapat dilakukan secara intensif, menyeluruh, dan terpadu di kabupaten parigi moutong.
 
"Lansia merupakan daur hidup manusia yang pasti dialami setiap orang. pada kenyataannya jika kita mendengar kata lansia, maka yang terbesit dibenak kita adalah seorang yang tak berdaya dan renta. hal ini yang menggugah kita bersama untuk menyerukan kepada generasi muda untuk mulai menjaga kesehatannya sejak dini. sehingga disaat menua akan lebih siap secara fisik dan mental yang dapat mempengaruhi kualitas hidup selanjutnya,"ungkapnya.
 
Menurutnya, kualitas hidup selaras dengan adanya kesejahteraan hidup karena kesejahteraan hidup lansia yang baik akan meningkatkan pula kualitas hidup lansia karena proses penuaan tersebut membuat perubahan dan penurunan fungsi yang dialami lansia dapat mengurangi kualitas hidup lansia secara progresif.
 
Sementara itu, ketua Pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Irwan dalam sambutannya mengatakan kegiatan lansia tersebut akan terus dilaksanakan bahkan akan lebih ditingkatkan.
Diungkapkannya, Komda Lansia saat ini telah berupaya memprogramkan tahun-tahun yang akan datang terkait dengan bantuan khusus Lansia, termaksud berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait dengan alat bantu dengar, kemudian juga Dinas Sosial terkait dengan kursi roda dan sebagainya.
 
"Lansia merupakan suatu siklus hidup, kalau berbicara lansia pasti kita mengingat bahwa melihat siklus hidup itu berarti bahwa lansia itu adalah siklus yang paling atas, jadi patutlah kita berbahagia karena kita sampai pada lansia, tidak semua orang, tidak semua kita bisa sampai ke lansia," jelasnya.
 
Masih dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong, Alina A.Deu mengungkapkan saat ini lansia yang terdata di DTKS Kementrian Sosial RI per April tahun 2024 berjumlah 10.035 jiwa, sedangkan penerima bantuan PKH Lansia tahun 2024 berjumlah 8.614 jiwa, serta penerima bantuan sosial lainnya sebanyak 984 jiwa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Parigi Moutong.
 
Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG